Tahun Baru Hijriyah

Assalamu’alaikum wr.wb

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Wabihi nasta’inu ngala umuriddun ya waddain, wassolatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiyai wal mursalin, wa’ala aalihi wa ashabihi ajma’in. Robbish rohli shodri wayasirli amri wahlul ‘uqdatam millisani yafqohu qouli. Ama’ ba’du.

Yang terhormat dewan yuri lomba Khitobah,

Yang kami hormati bapak-bapak, ibu-ibu guru yang selalu berbicara dengan cinta kepada murid-muridnya, sang penebar ilmu di muka bumi,

Teman-teman peserta lomba, calon da’i yang saya cintai.

Hadirin Rokhimakumulloh,

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah mengkaruniakan berjuta nikmat kepada kita semua, satu diantaranya adalah, bahwa saat ini hati kita digerakkan oleh Allah untuk bisa menghadiri majelis yang mulia ini. Banyak saudara-saudara kita yang sehat tapi tidak menghadiri majelis ini, banyak saudara-saudara kita yang sebenarnya sempat tapi tidak mau menghadirinya. Itu karena Allah tidak menggerakkan hatinya untuk menghadiri majelis yang mulia ini.

Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, HERO kita Nabi Muhammad saw yang telah menyelamatkan ummat dari kejahiliyahan yang biadab dan merendahkan nilai-nilai moral, serta menindas, menuju kecerahan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kesetaraan dan membebaskan serta menjunjung tinggi hak-hak dasar manusia, terlebih lagi terhadap perempuan.

Hadirin Rokhimakumulloh,

Pada kesempatan yang mulia ini, saya akan membahas tentang “Memahami makna Hijrah dan Sabilillah”

Hadirin Rokhimakumulloh,

Dalam memasuki Tahun Baru Hijriah 1432, biasanya kaum muslimin saling menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Hijriah, baik kepada sesama anggota keluarga dan rekan-rekan sejawat.

Hadirin Rokhimakumulloh,

Tahukah Antum sejarah Tahun Hijriah? Diangkatnya Muhammad Al Amin sebagai Nabi dan Rasul membuat sebagaian masyarakat Kafir Quraisy Makkah (terasuk Yahudi dan Nasrani) marah dan mengadakan perlawanan dengan berbagai perbuatan kasar dan kejam, baik berupa ancaman maupun penyiksaan yang diluar peri kemanusiaan terhadap kaum Muslimin. Untuk menghindari tekanan yang amat berat, Nabi Muhammad SAW memerintahkan para pengikutnya hijrah dari Makkah ke Madinah. Klimak dari tantangan/ancaman kaum kafir Quraisy Makkah ialah rencana pembunuhan Nabi dengan hadiah 100 ekor unta kepada siapa saja yang berhasil menangkapnya dalam keadaan hidup maupun mati.

Hadirin Rokhimakumulloh,

Apa yang dilakukan Baginda Nabi di Madinah? Yang beliau lakukan adalah :

o   menanamkan semangat ukhuwah Isalamiyah dan ukhuwah basyariyah

o   Menegakkan syiar agama

o   Membangun ekonomi Islam

o   Memproklamasikan daulah Islamiyah

Hadirin Rokhimakumullah,

Marilah sekarang kita memahami makna Sabilillah, dalam setiap kalimat Al-quran selau berbunyi ‘Jihad fi sabilillah’ (berjuang di jalan Allah) selalu diikuti Bi amwalikum wa anfusikum (dengan hartamu dan jiwamu). Seperti yang dilakukan oleh Siti Khadijah (istri nabi) dan Abu Bakar As Shidiq dan para sahabat yang lain dalam membela perjuangan nabi. Sebagaimana disebutkan dalam surat Taubah ayat 20 “Orang-orang yang beriman, berhijrah dan berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan”

Memasuki Tahun Baru Hijriyah 1432 ini marilah Saudara-Saudara kita bermuhasabah (perhitungan) sejauh mana amaliyah kita sebagai hamba Allah tahun lalu dan bagaimana seharusnya amaliyah ditahun depan. Al Hikmah mengatakan “barang siapa yang hidupnya sekarang lebih baik dari kemarin berbahagialah, barang siapa hidupnya sekarang sama dengan kemarin rugilah, dan barang siapa hidupnya sekarang lebih jelek dari kemarin terkutuklah

Hadirin Rokhimakumullah,

Setelah bermuhasabah, Marilah saudara-saudaraku kita hijrah dari sifat bakhil menjadi dermawan, dari pemalas menjadi disiplin dari sombong menjadi rendah hati dari sifat tak acuh menjadi peduli terhadap agamanya, masyarakatnya dan negaranya. Marilah kita hijrah menuju kehidupan yang diridhoi Allah SWT. Apapun pekerjaan kita baik pelajar, guru, pedagang petani, sampai presiden agar negara kita menjadi negara yang maju, negara yang diridhoi Allah. Amin.

Selamat Tahun Baru 1432 H, Selamat berhijrah menuju yang hidup bermutu. Allahu Akbar 3x!

Hadirin Rokhimakumulloh.

Demikian yang bisa saya sampaikan sebagai tadzkirah untuk kita semua. Jika yang saya sampaikan benar, kebenaran itu berasal dari rahasia-rahasia kebenaran Allah yang muncul begitu saja dari mulut saya, tapi jika yang saya sampaikan salah, kesalahan itu bermuara dari pribadi saya yang lemah. Sekian terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: