Mengapa Menggunakan Font Arab Khusus

Salah satu bidang keilmuan yang dicatat dalam Blog ini adalah ilmu-ilmu ke-Islam-an. Ilmu-ilmu ke-Islam-an sebagaimana kita ketahui bersumber dari literatur-literatur yang kebanyakan ber-Bahasa Arab. Bahkan sumber utamanya pun ber-Bahasa Arab, yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sebagaimana diketahui pula Bahasa Arab memiliki huruf khusus untuk menuliskannya, yaitu Huruf Arab atau kadang disebut pula Huruf Hijaiyyah.

Huruf Arab memiliki ciri-ciri antara lain:

  1. Arah penulisan dari kanan ke kiri (right to left direction) yang dalam bahasa komputer sering disingkat RTL.
  2. Bentuk huruf memiliki variasi sesuai posisinya dalam kata sehingga dalam bahasa komputer dikenal istilah isolated form (bentuk terikat), initial form (bentuk awal), medial form (bentuk tengah) dan final form (bentuk akhir).
  3. Sistem penanda vokal dan cara baca khusus lainnya menggunakan harakat/syakl, yaitu antara lain: fathahkasrahdhammahtanwinsukuntasydid, dan madd.
  4. Jenis/tipe huruf yang bervariasi, seperti: hijazy, kufy, naskhy, tsulutsy, riq’ah, nastaliq, diwany, farisy, dan sebagainya yang masing-masing memiliki karakter tersendiri dari segi bentuk huruf dan peng-harakat-an bahkan cara membentuk huruf-hurufnya pun berbeda-beda termasuk kemiringan ujung pena yang dipergunakan untuk menuliskannya.

Kriteria Pemilihan Font Khusus

Dalam memilih font Arab yang dipergunakan dalam Blog ini, penyusun menggunakan beberapa kriteria:

  1. Kelengkapan harakat/syakl dan ketepatan dalam meletakkannya. Berdasarkan pengalaman penyusun mempergunakan komputer untuk menulis Huruf Arab, problem terbesar adalah kebanyakan font Arab tidak menyediakan harakat-harakat yang dikenal dalam ‘Ilmu Al-Khathth secara lengkap dan peletakannya pun sering tidak proporsional, seperti menumpuk dengan huruf atau dengan harakat lain. Bahkan ada dua harakat yang sangat sulit, yaitu:
  1. Harakat yang hanya sedikit font yang menyediakannya dengan peletakan yang tepat, yaitufathah berdiri (istilah penyusun sendiri atau dalam beberapa situs disebut dengan nama alif khanjariyah/الۡأَلِفُ الۡخَنۡجَرِيَّةُ/dagger alif, sebuah penamaan yang penyusun sendiri belum menjumpainya dalam literatur-literatus ber-Bahasa Arab asli1). Font Arab yang menyediakan harakat ini sangatlah banyak, namun yang meletakkannya secara proporsional sangatlah sedikit.
  2. Harakat yang hanya sedikit font yang menyediakannya dengan bentuk yang sesuai dengan ‘Ilmu Al-Kathth, yaitu sukun. Kebanyakan Font Arab menyediakan harakat ini dengan bentuk seperti dalam bentuk kedua dalam gambar di bawah ini. Padahal dalam ‘Ilmu Al-Khathth yang penyusun pelajari bentuk sukun adalah seperti bentuk pertama dalam gambar di bawah ini.
Perbandingan Bentuk Sukun dalam 'Ilmu Al-Khathth dan yang disediakan dalam kebanyakan Font ArabPerbandingan Bentuk Sukun dalam ‘Ilmu Al-Khathth dan yang disediakan dalam kebanyakan Font Arab

Bahkan berdasarkan pengamatan penyusun dalam Mushhaf-Mushhaf Al-Qur’an banyak yang mempergunakan bentuk kedua bukan untuk harakat sukun, namun sebagai tanda untuk huruf yang ditulis namun tidak boleh dibaca. Perhatikan kutipan ayat Al-Qur’an berikut:

Bentuk Sukun dalam Mushhaf Al-Qur'anBentuk Sukun dalam Mushhaf Al-Qur’an

Dalam gambar di atas, bentuk pertama dipergunakan untuk menandai huruf yang di-sukun-kan (lingkaran biru) sedangkan bentuk kedua untuk menandai huruf yang ditulis namun tidak boleh dibaca (lingkaran merah).
Sayangnya, sangat jarang Font Arab yang menyediakan harakat sukun dengan bentuk pertama yang sesuai dengan ‘Ilmu Al-Khathth dan juga sesuai dengan kebanyakan Mushhaf Al-Qur’an.

  1. Kejelasan bentuk huruf. Kejelasan bentuk huruf yang penyusun maksud di sini adalah dari segi bentuknya yang mudah dibaca dan bersifat formal. Oleh karena itu, penyusun tidak memasukkan Font Arab yang menampilkan Huruf Arab dengan tipe selain naskhy.
  2. Kesesuaian dengan kaidah-kaidah ‘Ilmu Al-Khathth. Dari segi ini, penyusun tidak terlalu ketat mempergunakannya dalam menyeleksi Font Arab yang ada. Karena memang sangat langka sekali Font Arab yang benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidah ‘Ilmu Al-Khathth.

Dua Font Arab Khusus dan Cara Memperolehnya

Dari tiga kriteria tersebut di atas, ternyata hanya ada dua Font Arab yang hampir memenuhi seluruh kriteria tersebut, yaitu:

  1. Arabic Typesetting Version 5.91
  2. Sakkal Majalla Version 5.01

Dua Font Arab tersebut adalah dua Font Arab yang akhirnya penyusun pilih untuk menuliskan Huruf Arab dalam Blog ini. Hal tersebut setelah penyusun menyeleksi berbagai Font Arab menggunakan komputer berbasis operasi sistem Microsoft Windows baik yang merupakan bawaan operasi sistem tersebut maupun yang tersedia gratis di internet.

Hal yang sangat disayangkan adalah ternyata dua Font Arab tersebut memiliki dua problem yaitu : berlisensi tidak gratis dan berformat *.*otf.

Problem pertama tidak menjadi masalah bila Blog ini diakses menggunakan komputer berbasis operasi sistem Microsoft Windows Vista atau Microsoft Windows Seven dengan meng-enable Arabic Language Support. Karena asal Arabic Language Support sudah di-enable maka dua Font Arab tersebut secara automatis terinstall dalam komputer.

Bagaimana dengan pengguna operasi sistem lain, seperti Microsoft Windows XP? Cara yang termudah adalah dengan mencari teman yang komputernya berbasis operasi sistem Microsoft Windows Vista atau Microsoft Windows Seven. Setelah menemukannya, berikut langkah yang dapat ditempuh:

  1. Bila belum, enable terlebih dahulu Arabic Language Support dalam komputer berbasis operasi sistem Microsoft Windows Vista atau Microsoft Windows Seven.
  2. Copy dua font tersebut dari directory WindowsFonts (biasanya terletak di drive C). Lalu paste di flashdisk atau removable media lainnya. Hasil copy-paste tersebut terdiri dari tiga file:arabtype.otfmajalla.otf, dan majallab.otf.
  3. Setelah itu install kedua Font Arab tersebut ke komputer berbasis operasi sistem Microsoft Windows XP yang dipergunakan untuk mengakses Blog ini. Cara installasi font yang termudah dalam Microsoft Windows XP adalah dengan meng-copy file-file Font Arab tersebut lalu mem-paste-nya ke directory WindowsFonts (biasanya terletak di drive C).

Penyusun sudah mencoba langkah-langkah tersebut dalam komputer dengan operasi sistem Microsoft Windows XP tanpa meng-enable Arabic Language Support dan ternyata Huruf Arab dalam Blog ini dapat ditampilkan dengan benar dan proporsional.

Sebelumnya, penyusun mencari dua Font Arab di atas dari internet dan hanya satu situs yang menyediakannya secara gratis. Namun entah mengapa setelah penyusun berulang kali menyebut situs tersebut dalam Blog dengan alamat sementara akhirnya link download dalam situs tersebut tidak berjalan lagi.

Problem Kedua: dua Font Arab khusus tersebut ternyata berformat *.*otf. Penyusun belum mengetahui secara pasti apakah font dengan format *.*otf dapat berjalan di operasi sistem selain Microsoft Windows atau tidak.

Juga bagi pengakses Blog ini yang mempergunakan HP dan semacamnya penyusun belum mengetahui secara pasti apakah operasi sistem dalam HP dapat membaca Font Arab tersebut dengan benar dan proporsional.

Dengan beberapa HP yang penyusun coba untuk mengakses Blog ini, ternyata harakat tidak ditampilkan sama sekali dan bahkan ada pula yang menampilkan Huruf Arab secara terputus-putus bila diharakati dan beberapa harakat berubah menjadi simbol-simbol yang tidak dikehendaki. Namun berdasarkan percobaan penyusun menggunakan beberapa HP, bila Blog ini diakses dengan browser Opera Mini, Huruf Arab dapat ditampilkan dengan benar namun tanpa harakat sama sekali.

Oleh karena itu, sebaiknya pergunakan media komputer untuk mengakses Blog ini dan juga lakukan langkah-langkah tersebut di atas.

Font Arab Alternatif

Bila dua Font Arab khusus tersebut di atas tidak dapat diperoleh, ada dua alternatif Font Arab sebagai pengganti yang dapat membaca Huruf Arab dalam Blog ini dengan hampir benar dan proporsional, yaitu:

  1. me_quran. Font ini dapat diperoleh secara gratis di sini dengan link download di sini (akses tanggal 9 Januari 2011). Kelemahan Font Arab ini antara lain harakat fathah berdiri akan menumpuk dengan tasydid pada kata Allah (lafzhu Al-Jalalah).
  2. mry_KacstQurn. Font ini dapat diperoleh secara gratis di sini dengan link download di sini(akses tanggal 9 Januari 2011). Kelemahan Font Arab ini antara lain angka dan titik, titik dua, dan semacamnya akan ditampilkan menjadi simbol kotak dan kemiringan huruf tidak sesuai dengan kaidah dalam ‘Ilmu Al-Khathth.

Bila Font Arab Khusus atau Alternatif Tidak Terinstall

Bagaimana bila dua Font Arab khusus atau dua Font Arab alternatif tersebut tidak terinstall dalam komputer yang dipergunakan untuk mengakses Blog ini? Jawabannya adalah SANGAT FATAL, yaitu antara lain:

  1. Harakat sukun akan berubah menjadi seperti kepala huruf ha (حـ).
  2. Harakat fathah berdiri akan menumpuk pada huruf atau harakat lain.
  3. Huruf Arab akan ditampilkan terputus-putus.

Singkatnya, Huruf Arab dalam Blog ini akan sangat sulit untuk dibaca.

Oleh karena itu, minimal satu dari keempat Font Arab tersebut harus terinstall dalam komputer yang dipergunakan untuk mengakses Blog.

Saudaraku pengunjung Blog, seberapa beratkah mencari font Arab tersebut dan seberapa beratkah menginstall Font Arab tersebut? Sungguh penyusun menyaksikan betapa banyak orang Islam yang dengan begitu menggebunya bersegera mencari lagu baru, game baru, dan lain-lainnya yang bersifat hiburan seketika setelah mendengarnya lalu setelah mendapatkannya mempelajari cara menjalankannya dengan berbagai alat yang secanggih yang dapat diraih. Sementara ketika mendengar media-media yang membantu proses tafaqquh fi al-din dan penyebarannya yang menggebu-gebu bersegera mencarinya dan mempelajari cara menjalankannya jumlahnya hanya sedikit. Inikah salah satu tanda di ummat Islam telah dihinggapi penyakit hubbu al-dunya (mencintai dunia) dan karahiyatu al-maut (membenci kematian)??? Sedangkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama pernah menyatakan bahwa pada saat ummat Islam terjangkit dua penyakit tersebut, saat itulah kondisi mereka bagaikan makanan yang sedang dikepung para pemangsa.

عَنۡ ثَوۡبَانَ قَالَ: قَالَ رَسُوۡلُ اللّٰهِ صَلَّى اللهُ عَلَيۡهِ وَ سَلَّمَ: يُوۡشِكُ الۡأُمَمُ أَنۡ تَدَاعَى عَلَيۡكُمۡ كَمَا تَدَاعَى الۡأَكَلَةُ إِلَى قَصۡعَتِهَا. فَقَالَ قَائِلٌ: وَ مِنۡ قِلَّةٍ نَحۡنُ يَوۡمَئِذٍ؟ قَالَ: بَلۡ أَنۡتُمۡ يَوۡمَئِذٍ كَثِيۡرٌ وَلٰكِنَّكُمۡ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيۡلِ وَ لَيَنۡزِعَنَّ اللّٰهُ مِنۡ صُدُوۡرِ عَدُوِّكُمُ الۡمَهَابَةَ مِنۡكُمۡ وَ لَيَقۡذِفَنَّ اللّٰهُ فِى قُلُوۡبِكُمُ الۡوَهَنَ. فَقَالَ قَائِلٌ: يَا رَسُوۡلَ اللّٰهِ وَ مَا الۡوَهَنُ؟ قَالَ: حُبُّ الدُّنۡيَا وَكَرَاهِيَةُ الۡمَوۡتِ. 2

Dari Tsauban berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama bersabda: “Hampir-hampir berbagai ummat mengepung kalian seperti para pemangsa mengepung mangsanya!”

Seorang shahabat bertanya: “Apakah karena kita sedikit waktu itu?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama menjawab: “Bahkan kalian waktu itu banyak, namun kalian adalah buih seperti buihnya banjir dan Allah sungguh benar-benar akan mencabut dari dada musuh kalian rasa takut kepada kalian dan Allah sungguh benar-benar akan melemparkan ke hati kalian al-wahan.”

Seorang shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah al-wahan itu?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama menjawab: “Mencintai dunia dan membenci kematian.”


Catatan Kaki

1 Misal situs yang menyebut dengan nama dagger alif/الۡأَلِفُ الۡخَنۡجَرِيَّةُ adalah wikipedia. Lihat di sini atau disini (akses tanggal 29 Januari 2011).

2 Hadits Riwayat Abu Dawud dan Al-Baihaqy dalam Syu’ab Al-’Iman. Di-shahih-kan oleh Al-Albany. Lihat: Mauqi’ Al-Syaikh Muhammad Nashir Al-Din Al-Albany, Maktabah Al-Albany Al-Ishdar Al-Tsany, Al-Misykatu Al-Mashabih,  hadits nomor 5369.  Software dapat didownload di situs Mauqi’ Al-Syaikh Muhammad Nashir Al-Din Al-Albany dengan halaman download di sini dan link download di sini(akses tanggal 9 Januari 2011).

 

sumber: http://thowil85.wordpress.com/category/uncategorized/page/2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: