server ta’lim online via paltalk ?

Saya mendapatkan tulisan ini dengan izin dari Abu Yahya Adz Dzahabi yang hanya ana kopi paste karena keterbatasan waktu ana dengan ringkas bagaimana cara mendengar kajian menggunakan paltalk secara online , sekarang saya coba membagi pengalaman bagaimana cara memperdengarkan ta’lim kita secara Live menggunakan paltalk. Pada dasarnya hanya 3 poin yang perlu disiapkan sebelum melakukan kajian online:

gambar yang diperlukan

1. Koneksi internet
2. Media Rekaman
3. Account PALTALK

Koneksi Internet
, dalam kasus ini saya biasa menggunakan koneksi via GPRS dengan Modem GSM (iTegno) atau Modem CDMA (Speed3G) dan sebagai alternatif jika menginginkan kecepatan super cepat, kemampuan akses kecepatan maksimal hingga 3,2 Mbps karena dilengkapi dengan chip HSDPA 3,6 Mbps.bisa menggunakan Modem 3G/HSDPA (vodafone) tentunya pertimbangan cost sangat perlu diperhitungkan. Misal: untuk mengakses 3 jam penuh, dikenakan biaya Rp.30.000 (tergantung jenis operator dan paket yang disediakan).

Untuk koneksi GPRS (non 3G) bisa juga menggunakan HP (handphone) sebagai alternatif jika tidak memiliki modem khusus GSM, karena hampir semua Ponsel GSM/CDMA pada dasarnya juga dapat berfungsi sebagai modem untuk mengakses internet. Tinggal memerlukan kabel data saja.

Catatan: bahwa 3G/HSDPA bekerja pada frekuensi 1900 MHz, BUKAN 1800MHz sebagaimana GSM/GPRS biasa.

Media Rekaman, disini berupa PC (personal computer) atau Notebook. Saya lebih suka menggunakan Notebook untuk merekam langsung, mengingat tempat ta’lim atau dauroh bisa tidak mendukung jika menggunakan PC. Misal, jauhnya sumber listrik atau tidak ada supply listrik jika terjadi pemadaman arus listrik. Kemudian notebook bisa dibawa kemana-mana (mobile) tanpa memakan tempat yang besar, cukup di jinjing saja. Selain Notebook/PC kita perlu juga memilki software rekaman untuk menyimpan hasil rekaman secara offline (bisa menggunakan MP3 Player), dan juga software pengolah suara. Disini saya menggunakan soundrecorder buatan sendiri dan pengolah suara (convert atau manipulasi suara) menggunakan Audacity. Terakhir perlu kabel mic yang kecil (lihat gambar) dan memiliki panjang cukup untuk memudahkan anda mengatur posisi notebook/pc dengan meja pemberi materi saat ta’lim/dauroh. Karena bisa jadi anda berada ditempat yang paling jauh dari tempat ta’lim, namun jangan kwatir, jika hanya memiliki ukuran kabel mic pas-pasan, kalian bisa mencari letak speaker ruangan, dan letakkan ujung kabel mic anda disana.

Catatan: Kalian dapat juga menggunakan fasilitas siaran Radio FM dikota anda untuk merelay siaran ini, sehingga para pendengar lebih banyak, jadi pendengar tidak hanya yang memiliki akses internet. Teknisnya anda harus berada didalam Ruangan Stasiun Radio pemancar tersebut, dan sudah memiliki account paltalk dan tinggal login di room taklim online. Cara ini biasa digunakan jika kita tidak memiliki akses sebagai penyedia moderator dan hanya ingin mendengar kemudian merelainya menggunakan siaran radio dikota kita.

Ilustrasi:
SERVER PALTALK/YM–><—-USER PALTALK/YM—-><– STASIUN PEMANCAR–>RADIO —–>PEMIRSA

Account (member) PALTALK
Tentu saja untuk menggunakan fasilitas yang ada di paltalk (untuk merekam sebagai server online/mendengar sebagai user) anda diharuskan memiliki account, namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa bukan hanya paltalk yang mampu digunakan untuk meliput kajian secara online, YM (yahoo messeger) dapat pula digunakan, jadi untuk account ini sangat flexibel. Baik, asumsinya anda telah mendaftar (lihat tulisan saya sebelumnya ) selanjutya

1. Login menggunakan account anda.

log in

2. kemudian, pilih My Room

rooms

(klik Create Room, dapat juga membuat room baru melalui web disini dan membuat accout baru jika belum ada )

create

3. Hasil My Room yang telah dibuat

Hasil

4.Selanjutnya anda tinggal memilik join my room dan memulai rekaman di tab Action > Lock Mic On

sumber : http://smd.antibidah.net/?p=356

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: